Komunitas Filsafat™ » Beranda Filsafat » » Kerangka Pengkajian dan Pembahasan

Kerangka Pengkajian dan Pembahasan

Gaosur Rohim Tuesday, October 12, 2010 0 Comments
Blog Komunitas Filsafat ini hanyalah merupakan pengantar yang bersifat elementer, yang ditulis dengan bahasa populer sehari-hari. Tidak semua materi yang seharusnya tercakup dalam sebuah kajian filsafat ilmu dan kefilsafatan dibahas dalam blog ini. Sengaja dipilih hanya beberapa persoalan pokoknya saja yang seharusnya diketahui pada tahap elementer.

Pembahasan ini ditujukan kepada para pemula yang ingin mengetahui aspek kefilsafatan dari bidang keilmuan, dan bukan ditujukan kepada mereka yang ingin menjadikan filsafat ilmu dan kefilsafatan sebagai suatu bidang keahlian.

Pada dasarnya blog ini hanyalah mencoba membahas menganai aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis keilmuan sambil membandingkannya dengan beberapa pengetahuan lain. Dalam kaitan ini, maka akan dibahas tentang hakikat beberapa sarana berpikir ilmiah, yaitu Bahasa, Logika, Matematika, dan Statistika. Setelah itu, maka penulis akan membahas mengenai beberapa aspek yang berkaitan erat dengan kegiatan keilmuan, seperti aspek moral, sosial, pendidikan, dan kebudayaan. Dan jika diperkenankan, penulis juga akan membahas mengenai struktur penelitian dan penulisan ilmiah. Dengan harapan agar dapat membantu mereka yang ingin berkarya dalam bidang keilmuan.

Tujuan utama dari blog Komunitas Filsafat yang bersifat pengantar dan elementer ini, bukanlah pendalaman yang bersifat teknis, melainkan pengenalan secara menyeluruh. Pembahasannya pun dilakukan secara populer dengan menjauhkan semungkin bisa aspek-aspek teknis yang terlalu sulit untuk dicerna dalam sebuah blog yang bersifat elementer ini.

Salah satu tujuan yang ingin dicapai dari blog Komunitas Filsafat ini ialah agar masyarakat (khususnya generasi muda) tergerak hatinya untuk mengenal dan mencintai kefilsafatan. Jadi, wajah filsafat yang biasanya kelihatan "angker" ingin dicoba diubah menjadi santai, rileks, dan menyenangkan.

Mengenai materi filsafat ilmu dan kefilsafatan yang terkandung dalam blog Komunitas Filsafat ini, merupakan kompromi ekletik dari berbagai aliran yang hidup dalam pemikiran filsafat.

Titik berat pembahasannya diletakkan pada kesamaan yang terdapat dalam berbagai aliran tersebut, dan bukan pada perbedaannya yang dapat melahirkan kontroversial. Untuk itu, tema pokok dari filsafat ilmu dan kefilsafatanlah yang ingin dikemukakan di sini, dan bukan variasi-variasi yang berkembang sekitar tema pokok tersebut. Untuk pembahasan filsafat yang bersifat elementer ini, pendekatan-pendekatan tersebut mungkin dapat dipertanggungjawabkan.


Ilmu merupakan salah satu cabang pengetahuan yang berkembang dengan sangat pesat. Dewasa ini, yang sering disebut sebagai kurun ilmu dan teknologi, hampir seluruh aspek kehidupan dipengaruhi oleh keberadaannya.


Ilmu merupakan salah satu cabang pengetahuan yang digumuli dalam kegiatan pendidikan. Tetapi apakah sebenarnya ilmu (science) itu ? Apakah ciri yang membedakannya dengan pengetahuan (knowledge) lainnya seperti seni dan agama ? Bagaimana cara kita melakukan penelitian secara ilmiah ? Sarana-sarana keilmuan apa saja yang harus dikuasai agar kita mampu melakukan kegiatan ilmiah dengan baik ?


Dengan bahasa yang sederhana, blog Komunitas Filsafat ini ingin mencoba membahas permasalahan-permasalahan tersebut. Dimulai dengan mengenali hakikat-hakikat ilmu dengan prosedur keilmuan dalam memproses pengetahuan ilmiahnya, juga akan membahas tentang Bahasa, Logika, Statistika, dan Metodologi Penelitian Ilmiah disamping dampak Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terhadap moral dan kebudayaan. Untuk mereka yang sedang menulis skripsi/tesis/disertasi akan kami sertakan petunjuk-petunjuk praktis untuk melakukan penelitian dan pedoman menulis karya ilmiah.


Untuk semua itulah, maka blog Komunitas Filsafat ini kami persembahkan dengan segala kekurangannya. Dengan isi yang sederhana, dan kata-kata yang bersahaja, semoga blog ini dapat memberi manfaat sekedar menyikap tabir kefilsafatan dan menjenguk isi relungnya.


Ah, sekiranya filsafat...
Bisa dekat dengan kehidupan kita...
Dalam senda gurau dan kesungguhan...
Menatap bianglala...!







0 Comments:

Post a Comment

Komentar, kritik dan saran yang bersifat membangun senantiasa kami terima dengan tangan terbuka.
Komentar Anda akan dianggap SPAM jika:
- Menyematkan Link Aktif
- Mengandung dan/atau Menyerang SARA
- Mengandung Pornografi

Tidak ada CAPTCHA dan Moderasi Komentar di sini.

Entri Populer

 
Copyright © 2008 - 2014 Komunitas Filsafat™.
TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Sitemap XML - DMCA - All Rights Reserved.
Hak Paten Template pada Creating Website - Modifikasi oleh Gaosur Rohim.
Didukung oleh Blogger™.