Komunitas Filsafat™ » Beranda Filsafat » » Sekapur Sirih

Sekapur Sirih

Gaosur Rohim Monday, October 04, 2010 2 Comments
Blog Komunitas Filsafat ini, dimaksudkan untuk mengisi kekosongan dalam bidang filsafat ilmu dan kefilsafatan, agar masyarakat luas mengenal bidang keilmuan dengan berbagai aspeknya.

Diciptakannya blog Komunitas Filsafat ini, terutama ditujukan kepada masyarakat luas, dengan harapan untuk mempercepat dan memperluas berkembangnya paradigma keilmuan dalam kehidupan kita.

Untuk itu, maka penyajian bahasanya pun dilakukan secara sederhana dengan bahasa populer sehari-hari, agar mempunyai daya jangkau yang lebih luas. Di samping itu, penyajiannya yang bersifat ringan dan santai dimaksudkan untuk mengimbau kecintaan kita terhadap bidang keilmuan, yang semoga, dapat mendorong kita dan mereka untuk mempelajari dan memahami lebih lanjut secara mendalam.

Blog Komunitas Filsafat ini tidak berpretensi telah mencakup segenap aspek yang seyogyanya terkandung dalam sebuah kajian mengenai filsafat ilmu dan kefilsafatan. Demikian juga halnya dalam pembahasan yang disampaikan dengan bahasa yang sesederhana mungkin, menyebabkan dihindarkannya masalah-masalah yang bersifat rumit dan kontroversial.

Blog Komunitas Filsafat ini hanyalah merupakan "pengantar suplemen" yang sangat elementer (elementary) yang ditujukan kepada masyarakat awam, dan bukan kepada mereka yang berhasrat ingin mendalami filsafat ilmu dan kefilsafatan selaku bidang keahlian.

Fokus utama dari pembahasan blog Komunitas Filsafat ini, adalah "tema pokok yang hidup di sekitar masyarakat keilmuan, serta patokan-patokan dasar yang diterima oleh sebagian besar masyarakat keilmuan", tanpa melibatkan diri kepada variasi-variasi yang berkembang sekitar tema pokok tersebut.

Tujuan utama dari penciptaan blog Komunitas Filsafat ini adalah untuk mengenal dan memahami alur-alur berpikir dalam kegiatan keilmuan, dan mencoba menerapkannya kepada masalah-masalah praktis dalam kehidupan kita. Jadi "filsafat untuk filsafat" bukanlah prinsip yang mendasari analisis dalam blog ini. Untuk itu, maka asas-asas filsafat keilmuan dicoba diterapkan terhadap permasalahan-permasalahan yang aktual dewasa ini. seperti usaha peningkatan penalaran, permasalahan-permasalahan moral dalam kegiatan keilmuan, kaitan-kaitan ilmu dengan kebudayaan, perkembangan bahasa nasional, penerapan asas-asas keilmuan dalam kegiatan penelitian, dan pembahasan tentang penulisan ilmiah.

Pengetahuan kefilsafatan secara pragmatis, ditujukan kepada kemamapuan mendiagnosis suatu persoalan, dan mencari alternatif pemecahan suatu masalah. Hal ini membawa bahaya kedua di samping penulisan secara populer yang berkecenderungan simplistis, yakni disebabkan ruang lingkup yang dicakupnya menjadi semakin luas, maka materi yang diliputinya pun semakin dangkal. Namun karena panorama secara keseluruhan itulah yang menjadi pokok pembahasan. Bukan "pohon demi pohon", melainkan hutan secara keseluruhan, maka kekurangan ini memang sukar untuk dihindarkan. Tetapi walaupun demikian, i'tikad ini jangan ditafsirkan sebagai pembelaan atas berbagai kekurangan-kekurangan yang memang banyak sekali terdapat dalam blog ini.

Materi untuk blog Komunitas Filsafat ini, dikerjakan secara bertahap setelah penulis menyelesaikan dalam mengumpulkan informasi-informasi dari berbagai buku dan media massa tentang hakikat ilmu.

Sebagai penutup, izinkanlah penulis untuk meminjam perkataan BEETHOVEN dalam menyampaikan karya yang tidak seberapa ini:

"dari lubuk hati yang paling dalam, semoga pun dapat menyentuh lubuk hati tuan-tuan.....!!!".

Demikianlah, blog yang sangat sederhana dan penuh kekurangan ini, penulis persembahakan dengan penuh kecintaan, terutama kepada generasi muda. Dengan harapan, semoga cakrawala keilmuan turut memperkaya jiwa kita dan mereka dalam mengantar ke alam kedewasaan.

Sekali lagi, mudah-mudahan blog yang sangat sederhana dan penuh kekurangan ini, dapat menyegarkan para pembaca serta menambah bacaan di bidang filsafat.

Akan tetapi, Al-Insan Mahalul Khoto Wannisyaan....

"TIADA GADING YANG TAK RETAK"

Tegur sapa, serta adanya kritik dan saran yang bersifat membangun, senantiasa akan penulis terima dengan lapang dada dan tangan terbuka.







Entri Populer

 
Copyright © 2008 - 2014 Komunitas Filsafat™.
TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Sitemap XML - DMCA - All Rights Reserved.
Hak Paten Template pada Creating Website - Modifikasi oleh Gaosur Rohim.
Didukung oleh Blogger™.