Komunitas Filsafat™ » Beranda Filsafat » » Sekilas Tentang Filsafat

Sekilas Tentang Filsafat

Gaosur Rohim Tuesday, November 16, 2010 2 Comments
Sekilas Tentang Filsafat
Segala sesuatu yang berkaitan dengan aktifitas manusia, dapat dipertanyakan dan dicari kedalamannya dengan filsafat. Atau dengan kata lain, untuk segala bidang pasti ada filsafatnya.

Sebagai kajian yang memang telah lama ada, filsafat lah yang berada di belakang munculnya ilmu-ilmu pengetahuan. Irsathotholees atau yang lebih dikenal dengan ARISTOTELES (342-322 S.M.), memulai usaha itu sejak 355 S.M. silam, dengan mendirikannya di Athena, yang disebut Lyceum.

Di sanalah Aristoteles mulai menggali tentang hakikat-hakikat pemahaman dan pengetahuan, hingga muncullah yang namanya Logika, Fisika, Politik, Ekonomi, Psikologi (ilmu jiwa), Metafisika, Meteorologi, Retrotika, Etika, dan sebagainya. Nah, dasar dari bidang-bidang ilmu pengetahuan itu adalah filsafat (lihat pembahasan selanjutnya dalam Apa Saja Bidang Telaah Filsafat?), seperti juga ilmu-ilmu lainnya yang telah dirumuskan sebelumnya oleh filsuf-filsuf awal.


Karenanya, pembelajaran filsafat menjadi sangat penting untuk dikaji dan dilakukan. Bukan hanya sekedar dipertanyakan, tetapi dengan menggunakan rasio untuk memahami dan mendalami pada bidang-bidang tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Karena pada dasarnya, sebuah ilmu tidak akan berhenti berkembang, melainkan akan terus semakin bertumbuh seiring dengan berkembangnya rasio manusia.


Kini, hampir 25 abad  silam setelah Aristoteles "memetakan" bidang-bidang ilmu pengetahuan, masing-masing dari bidang-bidang ilmu pengetahuan tersebut telah berkembang dengan pesat. Berbagai teori, hukum, konsep, pemikiran, dan sebagainya, muncul mewarnai kehidupan manusia.


Di bidang Fisika, misalnya, dengan teori relativitas fisikanya, ALBERT EINSTEIN (1879-1955) telah menciptakan perubahan fundamental dalam keseharian manusia (dalam kehidupan sehari-hari), yakni tentang ruang, waktu, materi, obyek fisik, dsb...


Kemudian di bidang Ekonomi, hukum Gossen telah mengubah konsepsi manusia tentang pemuasan terhadap kebutuhan hidupnya (layaknya manusia sebagai makhluk ekonomi).


Sedangkan di bidang Psikologi, bahwa hasil penemuan SIGMUND FREUD (1856-1935) tentang kekuatan "alam bawah sadar" yang telah menciptakan perubahan analisis perilaku manusia. Juga seperti halnya ANTON MESMER (1734-1815), yang telah membawa pengaruh dari ilmu kedokteran dan obat-obatan, khususnya psikiatri, terutama bagi pengobatan penderita penyakit jiwa. Ia memperkenalkan "hipnotisme", yang kemudian dikembangkan dan mempengaruhi timbulnya teori alam bawah sadar. Nah, aliran yang mementingkan "alam bawah sadar" dalam teori-teorinya ini, tidak lain adalah psikoanalisa, yang dipelopori oleh Sigmund Freud. 


Semua bidang ilmu pengetahuan lainnya pun ikut berkembang, terus menerus mencari dan menemukan kebenaran atas berbagai macam hal yang terjadi di dunia ini. Nah, di sinilah salah satu bukti bahwa filsafat sangat berperan. Metode berpikir filsafatlah yang membuat manusia terus gelisah dan mencari kebenaran di masing-masing bidang dengan rasio mereka.


Karenanya, pembelajaran filsafat sebenarnya perlu terus menerus ditumbuhkan dan dikembangkan di masyarakat. Dengan tujuan, agar perkembangan peradaban manusia tetap berada pada garis linier. Jadi, manusia tidak cukup begitu saja dengan kehidupannya sekarang, melainkan terus mempertanyakan hal-hal mendasar yang dijalaninya; baik yang telah dijalani, sedang dijalani, maupun yang akan dijalani. Atau dengan kata lain, masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang.


Memang..., kadang ketika kita sedang disibukkan dengan rutinitas kita sehari-hari, daya kritis dan imajinasi kita pun cenderung blank dan nyaris "tumpul" (menurut seorang Psikolog), mungkin karena tidak adanya tuntunan yang membuat kita berpikir "di luar kotak", menciptakan ide-ide baru, tanpa meninggalkan dan memandang rendah ide lama.

Nah, berangkat dari pemikiran tersebut, muncullah gagasan sederhana bagaimana disediakannya sebuah ruang berbagi pemikiran filosofis, yang didukung penuh oleh sumber-sumber informasi yang dapat makin mengasah kemampuan berpikir kita, dan makin mampu mengembangkan pemikiran-pemikiran mendasar demi untuk kemajuan hidup bersama.

Dengan bahasa yang sederhana, blog Komunitas Filsafat ini dimaksudkan untuk memasyarakatkan pemikiran-pemikiran filsafat secara elementer (seperti yang sudah dituangkan dalam Kerangka Pengkajian dan Pembahasan), dalam rangka pembentukan peradaban manusia, mengembangkan pembelajaran filsafat dengan "lintas bidang", sehingga terciptanya usaha bersama untuk menemukan kebenaran yang hakiki. Serta untuk meningkatkan minat baca pada buku-buku filsafat, sehingga terciptanya "komunitas" yang menekuni bidang filsafat untuk kehidupan sehari-hari.

Mari kita saling berbagi dalam ruang Komunitas Filsafat ini untuk tumbuh bersama dalam usaha mengembangkan peradaban manusia.


"....Karena hidup ini singkat, maka waktu menjadi amat berharga, bahkan terlampau berharga untuk dilewatkan begitu saja tanpa perbuatan yang bermanfaat bagi kehidupan...."
(Fajar Kurnia Harseno, "Renungan Tentang Waktu dan Pikiran Kita", dalam Introspeksi).







2 comments:

Komentar, kritik dan saran yang bersifat membangun senantiasa kami terima dengan tangan terbuka.
Komentar Anda akan dianggap SPAM jika:
- Menyematkan Link Aktif
- Mengandung dan/atau Menyerang SARA
- Mengandung Pornografi

Tidak ada CAPTCHA dan Moderasi Komentar di sini.

Entri Populer

 
Copyright © 2008 - 2014 Komunitas Filsafat™.
TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Sitemap XML - DMCA - All Rights Reserved.
Hak Paten Template pada Creating Website - Modifikasi oleh Gaosur Rohim.
Didukung oleh Blogger™.